rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Geothermal Akan Merubah Wajah Solok Selatan?

Oleh: Riri Saputra 

Apa itu Geothermal
cc76b592b1d21ba7bd93830af0b1799c_280px-nesjavellirpowerplant_edit2Geothermal atau panas bumi adalah energi yang diekstrasi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Geothermal berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. Geothermal merupakan penemuan energi terbarukan yang akan menjadi sumber energi masa depan. Gheothermal mulai diperhatikan dunia karena energi yang dihasilkan dapat menjadi energi listrik alternatif di masa depan yang sangat besar. Pemanfaatan panas bumi dapat mengurangi pemakaian minyak bumi dan ramah lingkungan, terutama karena tidak memberikan gas rumah kaca CO2.

Potensi Geothermal di Solok Selatan.
Potensi geothermal di Indonesia menurut pertamina geothermal energy mencakup 40% potensi cadangan energi dunia, tersebar di 125 lokasi pada 26 propinsi dengan potensi energi 27.140 MV atau setara dengan 19 milyar ekuivalen barrel minyak. Kapasitas yang terpasang saat ini hanya1.194 ataau 4% dari seluruh potensi yang ada. Solok Selatan merupakan satu dari sekian banyak daerah di Sumbar yang punya energi geothermal terbesar. Di Sumbar, ada sedikitnya 16 titik potensi energi tersebut, dan Solok Selatan punya 4 titik. Kapasitas energi ini di Sumbar sekitar 1.618 MW, yang baru tergarap baru 4 lokasi. Solsel punya energi lebih besar dari daerah, sekitar 450 MW.

Proyek Geothermal di Solok Selatan
c204d26c391cef5791f342b54cf58da3_c511x0249h_2011e8b387e69699e785a7e78987_n71_copy1Untuk daerah sumbar baru Solok Selatan yang siap menjalankan proyeknya, dan solok selatan harus berbangga. Energi panas bumi di daerah ini mulai dipantau sejak 2008. Proses tender baru selesai dilakukan tahun 2011, yang dimenangkan PT Supreme Energy dengan pembagian keuntungan USD 9,40 sen/KWH, dan masa berlaku 35 tahun. Eksploras panas bumi/geothermal di Pinang Awan, Solok Selatan, dimulai pada 15 September 2012. Industri yang memiliki nilai investasi Rp6,5 triliun tersebut dikelola perusahaan dari Indonesia, Jepang dan Perancis dengan nama PT Supreme Energi. Saat ini proyek senilai Rp.6,5 triliun tengah dalam tahan tahap pembangunan jalan untuk akses dari jalan utama ke lokasi penggalian yang memiliki luas 86 hektare.

Saat ini, eksplorasi geothermal di Solok Selatan itu marupakan yang terbesar di Sumatra. Jika investasi tersebut sukses, kemungkinan daerah lain di Sumbar akan menyusul. Menurut Presiden Direktur PT Supreme Energy, Supramu Santoso Rata-rata di Indonesia kemungkinan keberhasilan Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) ini hanya 50%, tetapi melihat potensi di daerah solok selatan Ia optimistis 70% akan berhasil. Jika Proyek yang ditargetkan selesai pada tahun 2016 berhasil akan menyerap sekitar 200 tenaga kerja dan memberikan pemasukan besar bagi Sumbar, khususnya Solok Selatan. Dari labanya Solok Selatan bisa meraup hingga Rp300 miliar per tahun. Persentase penerimaan daerah nantinya adalah 20% untuk pusat, 16 npersen untuk provinsi, 32 persen untuk daerah penghasil, 32 persen untuk daerah tetangga dan sisanya untuk dana CSR. Untuk tenaga ahlinya akan didatangkan dari Jakarta atau asing tetapi tetap akan memprioritaskan kemampuan lokal.

Sosialisasi Geothermal kepada Masyarakat
Dukungan pemerintah sangat besar untuk pembangunan geothermal ini karena ini merupakan energi alternatif yang ramah lingkungan. pihak terkait gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terjadi kekhawatiran pencemaran lingkungan. Karena tidak sedikit terdengar ketakutan dari masyarakat akan kejadian seperti lumpur laipndo di Porong Sidoarjo, Jawa Timur. Proyek geothermal di Solsel ini tidak sama dengan kondisi yang terjadi di Lapindo, karena Solok Selatan memiliki bebatuan padat bukan seperti Lapindo yang ada pada lokasi sindemen.

c03a50533ccbc5e306bfc3b1c55fc66c_geothermalKawasan sekitar pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi atau geothermal di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat ini nantinya juga berpotensi dijadikan objek wisata dengan membangun sarana penunjang kepariwisataan itu sendiri, karena proyek geothermal ini berada pada kawasan alam yang masih asri, lembah dan pegunungan yang indah serta udara yang sejuk. Dengan adanya berbagai keuntungan dari proyek Geothermal ini di harapkan dapat merubah wajah Solok Selatan dari daerah tertinggal menjadi daerah maju. Untuk itu masyarakat Solok Selatan tidak perlu cemas atas proyek ini dan Semua pihak meinta dukungan dan do’anya kepada masyarakat Solok Selatan agar proyek ini dapat terlaksana dengan lancar.

Sumber:

ANTARA News
antarasumbar.com
dakwatuna.com
hariansinggalang.co.id
industri17imafa.blog.mercubuana.ac.id
solselkab.go.id
Wikipedia.com




Share on :

0 komentar:

Posting Komentar