rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Kawa Daun (Teh daun kopi) Minuman Khas Ranah Minang





Teh dari daun tumbuhan kopi memang masih terdengar asing, dan di Indonesia sendiri baru-baru ini mulai populer dengan adanya berita yang mengejutkan yang dilansir oleh Daily Mail dan media internasional lainnya tentang manfaat teh dari daun kopi ini. 
Namun tahukah Anda, teh daun kopi ini ternyata sudah dikenal di Tanah Datar, Sumatra Barat Indonesia sejak ratusan tahun lalu dengan nama ‘Kawa Daun’.
Sejarahnya berawal ketika orang Sumbar tidak boleh minum kopi (buah) oleh Belanda, seluruh hasil panen buah kopi segar dari Ranah Minang, diekspor keluar negeri oleh bangsa penjajah, sehingga warga pribumi tidak mendapat kesempatan untuk mencicipi nikmatnya hasil seduhan buah kopi ini, maka mereka mencari alternatif lain yaitu mengolah daunna jadi minuman. Minum kopi pada zaman itu mempunyai kebanggaan tersendiri. Kebiasaan meminum kopi melambangkan dia orang berkelas pada zaman itu.
Seperti kata pepatah, tak ada rotan akarpun jadi. Tidak ada kopi daunya pun tak apalah, begitu kira-kira. Sehingga keinginan orang untuk menikmati minuman kopi sedikit terobati. Dan akhirnya minuman ini banyak yang mengemari. Gara-gara minum daun kopi, orang Minang malah dikatai sebagai Melayu Kopi Daun oleh para tuan kulit putih itu.
Penyajian Kawa Daun ini sangat unik, menggunakan tempurung kelapa tua yang disebut sebut “sayak”. kemudian disantap bersama gorengannya yang masih panas seperti pisang goreng, bakwan, tahu isi, bika bakar dan lain-lain.

Di Sumatera Barat, sudah umum caffe yang menyediakan Kawa Daun ini seperti di daerah Payakumbuh, Bukittinggi, Batusangkar dan sekitarnya. Harga minuman ini juga terjangkau hanya 3.000-4.000 rupiah untuk 1 cangkir tempurung kawa daun. 
Bila anda mencobanya untuk pertama sekali mungkin akan terasa begitu berbeda dan terasa begitu aneh di lidah anda. Namun bila anda menikmatinya dengan cara perlahan-lahan serta menikmatinya dengan santai dan biarkan aroma juga rasanya  berputar-putar, bermain-main di lidah serta di mulut anda maka anda akan benar-benar mendapatkan citarasanya yang sungguh sangat nikmat dan tak terlupakan.
Khasiat minuman Kawa Daun.
Penelitian terbaru di Inggris menemukan bahwa teh dari daun kopi ini ternyata lebih sehat ketimbang teh dan kopi sendiri. Menurut para ilmuwan dari Royal Botanic Gardens di Kew, London, dan Joint Research Unit for Crop Diversity, Adaptation and Development di Montpellier, teh daun kopi mengandung senyawa yang bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. 

Berdasarkan penelitian, daun kopi mengandung antioksidan lebih tinggi dibandingkan teh biasa. "Yang mengejutkan adalah berapa banyak antioksidan dalam daun kopi. Jumlahnya jauh lebih tinggi dibandingkan teh hijau dan teh hitam," ujar Dr Aaaron Davies, pakar kopi dan botani dari Royal Botanic Gardens seperti dilansir laman Telegraph.
Tak hanya antioksidan, daun kopi juga mengandung bahan kimia alami yang berkhasiat mengatasi masalah peradangan. Bahan kimia alami ini biasanya ditemukan pada buah mangga.
"Ditemukan juga zat dalam level yang tinggi yang disebut mangiferin dalam daun tanaman kopi Arabika," ucapnya.
Para peneliti menilai, selama ini daun kopi diabaikan karena orang lebih mengedepankan biji kopi yang memiliki nilai lebih tinggi. Meski demikian, mereka yakin bahwa teh daun kopi bisa menjadi minuman sehat baru, setelah teh hitam atau teh hijau.
Teh daun kopi mengandung kafein yang rendah dan memiliki rasa yang biasa, tidak pahit seperti teh atau sekuat kopi. Dr Davies menjelaskan, kopi daun teh sangat populer di beberapa negara, seperti Ethiopia dan Sudan Selatan. Bahkan ada upaya memasarkan teh daun kopi ini di Inggris pada tahun 1800-an.

Cara pembuatan minuman Kawa Daun sebagai berikut:
Proses menjadikan daun kopi menjadi teh juga sangat sederhana, daun kopi yang dipetik (dipilih daun kopi yang tidak terlalu tua tapi juga tidak terlalu muda), dijepit menggunakan sebilah bambu lalu digantung diatas perapian, dibiarkan selama berhari-hari diatas perapian kayu bakar hingga kering. Jika daun-daun tersebut diremas dan berbunyi gemerisik, itu artinya daun sudah jadi.
Daun kopi kering ini pun dimasukkan ke dalam tabung bambu khusus. Ujung bambunya disumpal dengan ijuk sebagai saringan. Kemudian tabung bambu ini disiram air mendidih dan dibiarkan beberapa saat sebelum dituangkan ke sayak tempurung. Teh daun kopi siap dihidangnkan.
Dijamin tidak akan bosan mencoba minuman kawa daun karena ada variasi rasanya. Berikut variasi rasa dan manfaatnya:
KAWA JAHE,  Seduhan kawa daun dengan jahe membuat tubuh hangat melancarkan pernafasan dan mengobati tenggorokan gatal. Cocok diminum saat hujan 
KAWA TELUR, Rasa tradisional teh telur Minangkabau dengan air kawa daun bisa mnambah staminaa joss lagi. Cocok untuk para pekerja keras
KAWA MADU, manfaat madu yang baik dikombinasikan dengan minuman kawa daun menambah vitalitas penikmatnya. 
KAWA SUSU, Untuk sekedar menyegarkan tubuh kawa susu nikmat. 
KAWA STMJ, Perpaduan susu,telur,madu,jahe sangat cocok utuk memanjakan diri anda.
Atau bagi anda yang berada di luar daerah dan tidak punya waktu untuk meracik minuman ini juga bisa memesan Kawa Daun yang sudah dikemas dalam bentuk teh celup secara online di situs www.kopikawadaun.com


Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar